Thursday, September 22, 2011

Penerapan IT Enabler (Studi Kasus : American Airlines)

Penerapan Teknologi Informasi sebagai  IT Enabler dan  IT Made Money  pada Perusahaan American Airlines

American Airlanes merupakan perusahaan maskapai penerbangan utama di Amerika Serikat. American Airlines dikembangkan dari konglomerasi 82 penerbangan kecil di Amerika dan diberi nama American Airways. Pada tahun 1934, American Airways dibeli oleh E.L. Cord dan mengubah nama American Airways menjadi American Airlanes. Pada tahun 1962 - 1964, American Airlines bersama dengan IBM membangun Electronic Reservation System (SABRE Reservation System). Dengan SABRE Reservation System, travel agen yang menjual tiket American Airlines dapat dengan langsung mengakses informasi pemesanan tiket tanpa harus menelepon pusat pemesanan tiket pesawat. Penggunaan SABRE Reservation System oleh pihak American Airlines merupakan salah satu bentuk dari differensiasi dalam hal memasarkan produk (marketing innovation). Inovasi dari American Airlines ini berdampak luas di industri penerbangan dan telah merubah basis kompetisi diantara maskapai penerbangan pada saat itu.

American Airlines telah melakukan investasi dalam jumlah besar pada sistem reservasi mereka (SABRE Reservation System) dan membuatnya bisa digunakan oleh agen perjalanan. American Airlines (bersama dengan United Airlines) merupakan perusahaan pertama yang menerapkan Reservation System secara online untuk agen perjalanan dalam hal transaksi tiket bagi pelanggan mereka. Dengan cara ini, mereka dapat mencapai sisi keunggulan kompetitif, sehingga akan memaksa pesaing mereka untuk mengikuti cara yang telah dilakukan oleh American Airlines. Pada tahun 1982, American Airlines menguasai lebih dari 40 %  dari total seluruh transaksi maskapai penerbangan di America Serikat berkat penggunaan Sabre Reservation System. Karena yang pertama kali menerapkannya, para pesaing American Airlines dan United Airlines terpaksa harus mengimplementasikan sistem yang sama bila mereka tetap bisa bersaing dengan ke dua perusahaan tersebut . 

Penggunaan SABRE Reservation System pada American Airlines tidak hanya sebatas sebagai perangkat lunak untuk mengelola logistik reservasi penumpang tetapi juga untuk menerapkan sistem manajemen kursi bagi para penumpang. Sistem manajemen kinerja mengacu pada program optimasi yang digunakan untuk memastikan bahwa pendapatan maksimum dihasilkan dari setiap kursi yang dijual, bahkan jika setiap kursi mempunyai harga yang berbeda.  Sistem Informasi Reserveasi SABRE mendukung perusahaan American Airlines untuk setiap minggunya bisa mengirimkan surat ke jutaan pelanggan websitenya, guna menawarkan tarif diskon untuk penerbangan di waktu mendatang. Sistem reservasi berbasis web milik American Airlines ini juga bisa menampilkan jadwal penerbangan dari maskapai lain yang menuju ke kota tujuan pengakses dan juga menyediakan fasilitas semacam travel planning.

Penerapan penggunaan Teknologi Informasi pada American Airlines adalah sebagai driver proses bisnis perusahaan. Yang di maksud sebagai driver proses bisnis perusahaan adalah Teknologi Informasi yang di terapkan perusahaan tersebut sudah menjadi faktor utama agar proses bisnis di perusahaan tersebut bisa berjalan dengan baik. Apabila Teknologi Informasi yang di gunakan di perusahaan tersebut down, maka proses binis perusahaan tersebut juga akan down.  Selain itu, SABRE Reservation System yang di terapkan pada American Airlines juga sebagai senjata strategik (strategic weapon), yaitu digunakan sebagai alat ampuh untuk berkompetisi dengan perusahaan kompetitor. Penerapan penggunaan Teknologi Informasi pada perusahaan American Airlines ini biasa disebut sebagai IT Enabler yaitu membuat organisasi / perusahaan mampu mendapatkan keunggulan kompetitif.

Penerapan SABRE Reservation System merupakan hak paten dari American Airlines. Sistem Reservasi SABRE merupakan sumber pendapatan yang penting dari American Airlines melalui biaya (biaya lisensi penjualan produk SABRE) yang di bayar oleh agen perjalanan dan perusahaan penerbangan lainnya. Dengan kata lain, teknologi SABRE Reservation System sudah menjadi produk yang bisa di jual oleh American Airlines. Sistem Reservasi SABRE telah di gunakan sekitar 10.000 agen perjalanan dari total 24.000 agen perjalanan di seluruh Amerika Serikat.  Karena itu, SABRE Reservation System bisa di sebut IT Made Money bagi perusahaan American Airlines.

Referensi         :
American Airlines, (http://en.wikipedia.org/wiki/American_Airlines), diakses 11 September 2011.
Business Strategy for Information Technolgy Management, (http://books.google.co.id/books?id=og5QCfFtLKsC), diakses 11 September 2011.
Competing In The Information Age, (http://books.google.co.id/books?id=WrJZArXyniMC), diakses 11 September 2011.
Strategic Planning for Information Systems, Third edition. Ward, J.; Peppard, J., Wiley : 2002.





           


0 comments:

Post a Comment